Manajemen Produk adalah
salah satu dari 4 wilayah pemasaran, manajemen produk bertanggung jawab
terhadap 4P, Product, Pricing, Placement and Promotion. Manajemen Produk
harus dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dibawah ini :
Pada dasarnya Struktur organisasi yang berafiliasi pada model manajemen produk menggunakan basis matriks, sehingga ada beberapa bagian dan divisi yang saling memberi komando dan bahkan mungkin level manajemen yang sama dapat saling memberi perintah. Yang menentukan otoritas adalah kewenangan fungsional terhadap satu produk.
- Produk apa yang layak dibuat dan dijual ?
- Varian produk baru apakah yang bisa dimasukkan ke pasar ?
- Dari produk yang telah beredar, produk manakah yang harus dihentikan ?
- Berapa lama suatu produk dapat masuk dan diterima oleh pasar ?
- Berapa banyak jenis produk dalam satu lini produk ?
- Bagaimana menyeimbangkan portofolio seluruh produk ?
- Bagaimana merilis satu produk ?
- Strategi diferensiasi produk seperti apakan yan akan diterapkan ?
- Apa keunggulan produk ?
- Merk dan nama apa yang akan digunakan dalam produk ?
- Manakah yang lebih tepat diterapkan dalam produk tersebut ? individual branding atau family branding ?
- Manakah yang lebih tepat diterapkan dalam produk tersebut ? product bundling atau product lining ?
- Logo seperti apakah yang bisa mewakili citra produk ?
- Menentukan Siklus hidup product
Pada dasarnya Struktur organisasi yang berafiliasi pada model manajemen produk menggunakan basis matriks, sehingga ada beberapa bagian dan divisi yang saling memberi komando dan bahkan mungkin level manajemen yang sama dapat saling memberi perintah. Yang menentukan otoritas adalah kewenangan fungsional terhadap satu produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar