SWOT adalah singkatan dari Strenghts (kekuatan), Weakness (kelemahan), Oppurtunities (peluang), Threats(ancaman).
Analisa SWOT adalah alat yang digunakan untuk mengidentifikasi isu-isu
internal dan eksternal yang mempengaruhi kemampuan kita dalam memasarkan
event kita.
Kekuatan dan Kelemahan
Untuk mengidentifikasi kekuatan dan
kelemahan event, kita harus mencermati isu-isu dalam organisasi yang
mempengaruhi kemampuan kita menjual event ke pasar dan sponsor. Wilayah
penting yang perlu digali adalah persepsi dari si EO itu sendiri
terhadap suatu event. Jika EO kita memandang event tersebut sebagai
perioritas dan peluang untuk meningkatkan profil EO, maka event tersebut
menjadi sebuah kekuatan. Namun jika kita memandang event tersebut
sebagai pemborosan sumber daya, maka event tersebut menjadi kelemahan.
Peluang dan Ancaman
Langkah selanjutnya adalah menganalisa
semua faktor di luar organisasi yang mungkin mempengarhi event kita.
Analisa eksternal ini akan membantu kita mengidentifikasi peluang dan
ancaman yang terkait dengan event. Segera setelah menentukan
ancaman-ancaman atas event kita, kita bisa menaksir ulang situasi dan
menganalisa bagaimana cara mengubah ancaman itu menjadi peluang.
Sebagai contoh, jika kita sedang
menangani sebuah festival untuk anak-anak, faktor-faktor eksternal
berikut ini mungkin mempengaruhi event kita :
- Cuaca
- Ada acara yang lebih besar berlangsung pada hari yang sama
- Minimnya kehadiran pada event tahun lalu
- Sediktnya jumlah anak dalam kelompok usia yang relevan di database kita, dan lain-lain
- Ada acara yang lebih besar berlangsung pada hari yang sama
- Minimnya kehadiran pada event tahun lalu
- Sediktnya jumlah anak dalam kelompok usia yang relevan di database kita, dan lain-lain
Penting sekali memusatkan perhatian pada
masing-masing ancaman atas sebuah event saat kita menjalankan
perencanaan, untuk memastikan keberhasilan event tersebut.
Pengategorisasian suatu ancaman akan menentukan cara kita merespon ancaman untuk meminimalkan efeknya.
- Monitor
- Monitor dan Analisa
- Strategi-strategi Kontingensi
- Analisa in-depth dan Strategi Pengembangan
Ancaman
yang kita putuskan untuk “sekedar dimonitor” adalah jenis ancaman yang
tidak atau sedikit dapat di kontrol, tetapi tidak berdampak besar pada
event. Kita hanya ingin tahu apa yang akan terjadi.
Ancaman
yang kita putuskan untuk “di monitor dan di analisa” merupakan ancaman
yang bisa sedikit dikontrol, tetapi kita perlu memastikan bagaimana
ancaman tersebut dapat mempengaruhi event kita.
Ancaman
yang kita putuskan untuk “di respon dengan suatu startegi kontingensi”,
adalah semua ancaman yang dapat kita kurangi pengaruhnya dengan
perencanaan. Sebagai contoh jika cuaca buruk adalah ancaman bagi event
di luar ruangan, kita bisa menetapkan bagaimana kita akan menanganinya,
menunda event, pindah ke indoor, pawang hujan atau sedikit merubah
konsep.
Ancaman yang kita putuskan untuk “di respon dangan analisa in-depth
dan strategi pengembangan” adalah semua ancaman yang memiliki
kemungkinan paling besar untuk mempengaruhi event kita. faktor-faktor
teknologi, pesaing dan legislatif adalah contoh-contoh ancaman yang
mungkin memerlukan analisa dan strategi pengembangan lebih detil lagi.
sumber : Di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar